pelatihan jurnalistik

12522914_1057342697651176_8871663761037957304_nC83-IV_VwAQyZZt.jpg:large

Pelatihan jurnalisme warga di selenggarakan di kantor puspindes pada sabtu (8/4/2017), yang dipandu relawan TIK pemalang massol, pada pelatihan ini diikuti sekitar 15 peserta terdiri dari KPMD IT taman, KPMD IT kecamatan pemalang dan siswa SMK Islam Nusantara Comal.

Tujuan diselenggarakn pelatihan jurnalisme warga ini adalah untuk menyiapkan tenaga IT desa sekaligus memberikan bekal kepada KPMD, dan untuk memperkaya konten local pemalang di internet.

Kegiatan yang diselenggarakan di kantor puspindes dimulai pukul 14.30 WIB dengan pemaparan mengenai pelatihan jurnalisme warga, peserta diajarkan tatacara reportase yang baik, seperti pengambilan gambar, pencatatan poin-poin, dan catatan kecil. Selanjutnya peserta dipandu untuk mempraktikan bagaimana cara menulis berita di internet. Peserta sangat antusias mengikuti langkah demi langkah sesuai yang dipandu oleh relawan TIK pemalang massol.

Menurut risti salah seorang siswa SMK Islam Nusantara Comal dari desa kebojongan pelatihan ini sangat inspiratif. Karena dapat melatih kreatifitas dalam menulis berita.

“Harapan saya para peserta dapat menjadi seorang inspiratif bagi warga pemalang di konten local internet pemalang”

About AdminDesa 12 Articles
Pengertian Desa sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2015 tentang Desa. Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mencermati pengertian Desa sebagaimana diatur dalam PP 43 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2015 tentang Desa dimaksud, maka secara yuridis Wilayah Panjunan dapat disebut Desa dan secara administratif termasuk wilayah Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Propinsi Jawa Tengah. Desa Panjunan merupakan salah satu Desa yang masuk wilayah Kecamatan Petarukan. Nama Desa Panjunan terbentuk sejak kerajaan Mataram yang berarti “Sumber Air yang melimpah” dan sampai saat ini tetap dilestarikan oleh warga Desa Panjunan. Walaupun arti sumber air yang melimpah akan tetapi pada tahun 1997 Desa Panjunan mengalami kekurangan air karena pada saat itu terjadi musim kemarau yang panjang (selama 9 bulan) yang menyebabkan terjadinya krisis air bersih sampai ke wilayah Belik dan ke Desa Petarukan yang memerlukan biaya yang sangat besar. Pada tahun 1979 saat Desa Panjunan dipimpin oleh Bapak Muslim HM Desa Panjunan memperoleh kejuaraan dalam percepatan pelunasan PBB dan diberikan penghargaan oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah , pada saat dipimpin oleh Bapak Muslim HM juga telah dibangun Sarana kegiatan Kepemudaan khususnya bidang olah raga berupa pembangunan lapangan sepak bola yang berada di wilayah Dusun I berasal dari bengkok Desa dan sampai saat ini telah dimanfaatkan untuk latihan persahabatan antar kesebelasan baik dari Kecamatan Petarukan maupun dari luar Kecamatan Petarukan sehingga kegiatan keolahragaan khususnya sepak bola di Desa Panjunan telah cukup maju dengan kesebelasan yang ada dari 2 Dusun sebanyak 2 kesebelasan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*