SEJARAH DESA

Legenda Desa

Pengertian Desa sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2015 tentang Desa. Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mencermati pengertian Desa sebagaimana diatur dalam PP 43 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2015 tentang Desa dimaksud, maka secara yuridis Wilayah Panjunan dapat disebut Desa dan secara administratif termasuk wilayah Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Propinsi Jawa Tengah.

Desa Panjunan merupakan salah satu Desa yang masuk wilayah Kecamatan Petarukan.

Nama Desa Panjunan terbentuk sejak kerajaan Mataram yang berarti “Sumber Air yang melimpah” dan sampai saat ini tetap dilestarikan oleh warga Desa Panjunan.

Walaupun arti sumber air yang melimpah akan tetapi pada tahun 1997 Desa Panjunan mengalami kekurangan air karena pada saat itu terjadi musim kemarau yang panjang (selama 9 bulan) yang menyebabkan terjadinya krisis air bersih sampai ke wilayah Belik dan ke Desa Petarukan yang memerlukan biaya yang sangat besar.

Pada  tahun  1979  saat  Desa  Panjunan  dipimpin  oleh     Bapak  Muslim  HM  Desa  Panjunan  memperoleh  kejuaraan   dalam  percepatan  pelunasan  PBB  dan  diberikan  penghargaan  oleh  Bapak  Gubernur  Jawa  Tengah , pada  saat dipimpin oleh Bapak Muslim HM juga telah dibangun Sarana kegiatan Kepemudaan khususnya bidang olah raga berupa pembangunan lapangan sepak bola yang berada di wilayah Dusun I berasal dari bengkok Desa dan sampai saat ini telah dimanfaatkan untuk latihan persahabatan antar kesebelasan baik dari Kecamatan Petarukan maupun dari luar Kecamatan Petarukan sehingga kegiatan keolahragaan khususnya sepak bola di Desa Panjunan telah cukup maju dengan kesebelasan yang ada dari 2 Dusun sebanyak 2 kesebelasan.